Selasa, 18 November 2014

Pantangan Makanan Penyakit Diabetes Melitus

Pantangan Makanan Penyakit Diabetes Melitus

Dalam Hal Ini Kami Ngengulas Sedikit Tentang Pantangan makanan Bagi penderita penyakit diabetes melitus, sehingga akan terjaga dan bisa mengatasi meningkatnya kadag gula dalam darah.
Pada tubuh normal, makanan yang masuk kedalam tubuh diuraikan menjadi beberapa elemen dasar, jika terdapat gula, pankreas akan memproduksi dan mengeluarkan insulin untuk membantu mengedarkan gula dalam darah ke seluruh sel-sel tubuh untuk diubah dan diserap tubuh menjadi energi. Pada tubuh penderita diabetes, proses ini tidak terjadi dengan baik, karena insulin gagal di produksi dan dikeluarkan oleh pankreas, sehingga terjadi penumpukan glukosa sederhana dalam tubuh.
Karena tubuh tidak lagi memiliki insulin, Hormon baik pengontrol dan mengantar gula ke sekuruh tubuh ini tidak ada lagi, maka penderita harus pandai memilih dan menjaga makanan yang masuk kedalam tubuh. Dan, karena penumpukan gula terjadi di dalam tubuh, maka penderita harus memilih makanan yang tidak memperparah penumpukan ini.

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindarai oleh penderita diabetes.


Nasi
Nasi makanan pokok masyarakat Indonesia, Namun tidak bagi penderita diabetes. Justru Nasi adalah makanan pertama yang dilarang untuk para penderita diabetes. Kandungan karbohidrat sederhana pada nasi dapat menyembabkan lonjakan tinggi kadar gula darah. Ini jelas harus dihindari oleh para penderita diabetes.

Mie
Mie juga kaya akan kandungan karbohidrat sederhana. Mie akan membuat kenaikan kadar gula darah melonjak naik sangat cepat. Oleh karenanya, mie menjadi makanan kedua stelah Nasi yang paling dilarang untuk dikonsumsi olleh penderita diabetes. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, sebaiknya mie dihindari.

Roti

Sebaiknya, ganti roti dengan makanan lain karena roti berbahan tepung bisa membuat kadar gula darah naik seperti halnya mengkonsumsi nasi dan mie.

Makanan yang mengandung gula
Makanan yang mengandung gula sudah jelas-jelas jadi pantangan untuk penderita gula. Karena tubuh sedang mengalami gangguan produksi insulin yang menyembabkan tidak ada lagi yang mengontrol kadar gula darah, Maka makanan yang mengandung gula tentu saja harus dikurangi.

Makanan Instan
Makanan instan tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh, mengkonsumsi makanan instan secara terus menerus membuat tubuh jadi kekurangan nutrisi karena kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Buah
Buah sebetulnya tidak dilarang karena pada dasrnya buah memiliki serat tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Namun pilihlah buah yang tidak memiliki kadar gula tinggi agar tidak membuat lonjakan kadar gula darah tinggi. Jeruk, apel, pir, alpukat masih diperbolehkan untuk penderita diabetes.

Kafein dan Alkohol
Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.

Makanan Berlemak

Makanan berlemak, makanan berminyak dan yang mengandung gula seringkali memberikan asupan kalori yang terlalu berlebihan. Sementara itu, kandungan nutrisinya malah lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut, mengingat umumnya makanan tersebut menjadi pemicu obesitas dan seringkali memicu penyakit diabetes.

Olahraga terlalu berat
Pantangan makanan penderita diabetes yang terakhir rupanya tidak terkait dengan makanan. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka. Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Itulah sekilas artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca, dan apabila anda sebagai penderita diabetes segera atasi penyakit anda , dan kami mengundang pada rekan2 bloger untuk berpartisipasi share masalah berbagai penyakit dalam kolom komentar di bawah ini.
terimakasih... sahabat.


EmoticonEmoticon