Senin, 29 September 2014

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Tipes

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Tipes .- Penyakit tipes atau demam tifoid merupakan gangguan kesehatan berupa demam yang terjadi secara terus menerus selama 3-4 minggu.Selain itu penyakit ini juga sering menimbulkan gangguan lainnya seperti mengigau, perut kembung, splenomegali dan lekopeni.

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Tipes

Dinegara kita penyakit ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang belum dapat diatasi secara tuntas,walaupun sudah banyak cara dilakukan.Sebaliknya jika di negara maju seperti Amerika Serikat, Eropa dan Jepang, seiring dengan perbaikan lingkungan, pengelolaan sampah serta limbah yang memadai dan penyediaan air bersih yang cukup. mampu untuk menurunkan insidensi penyakit ini secara dramatis.

Tindakan pencegahan merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan agar kita bisa jauh-jauh dari penyakit ini.Dan bagi anda atau salah satu keluarga anda yang saat ini tengah menderita penyakit tipes ini maka ada beberapa makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita penyakit tipes .Dan berikut ini adalah beberapa makanan tersebut :

  • Sumber karbohidrat, misalnya beras ketan, beras tumbuk/merah, roti whole wheat (gandum), jagung, ubi, singkong, talas, dodol dan kue kue yang manis dan gurih.
  • Sumber protein hewani, daging berserat kasar, serta daging, ayam, ikan yang diawetkan.
  • Sumber protein nabati, kacang merah serta kacang-kacangan kering seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai.
  • Sayuran, sayur-sayuran yang berserat tinggi seperti daun katuk, daun singkong, daun pepaya, daun dan buah melinjo, oyong, serta sayuran yang dimakan mentah.
  • Buah-buahan, buah-buahan yang dimakan dengan kulit, misalnyaapel, jmbu biji, serta jeruk yang dimakan dengan kulit ari, buah-buahan yang mengadung gas seperti nangka dan durian.
  •  Lemak, minyak untuk menggoreng, lemak hewani, kelapa dan santan
  •  Minuman, kopi, dan teh kental, minuman yang mengandung soda dan alkohol.
  •  Bumbu, cabe dan merica.
Demikianlah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda sehingga proses penyembuhan penyakit yang anda jalani bisa berjalan lebih cepat dan salam sehat !!!


EmoticonEmoticon