Selasa, 03 Januari 2017

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Prostat

Kali ini tips pantangan penyakit akan memberikan informasi seputar makanan yang harus dihindari bagi penderita prostat guna mencegah penyakit yang diderita semakin parah dan pengobatan yang dilakukan maksimal.

Memperhatikan asupan makanan yang sehat dan tepat merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan, untuk itu sudah seharusnya bagi anda penderita kanker prostat atau anda yang memiliki anggota keluarga menderita penyakit tersebut mengetahui seputar pantangan makanan bagi penderita kanker prostat.

Satu dari sekian banyak penyakit yang sering dialami dan menyerang pria dewasa adalah penyakit prostat seperti kanker prostat.

Prostat adalah organ berbentuk kelenjar dalam sistem produksi pria yang memiliki fungsi sebagai penghasil cairan mani guna memelihara dan mengangkut sperma.

Organ tersebut bisa mengalami gangguan berupa pembengkak akibat peradangan hingga kanker prostat.

Dan kanker prostat merupakan salah satu jenis gangguan prostat yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Kanker prostat terjadi ketika sel prostat mulai mengalami mutasi dan berkembang secara tak terkendali yang pada akhirnya membentuk suatu masa benjolan yang disebut tumor.

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Prostat


Nah berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita prostat, utamanya bagi anda yang saat ini tengah menjalankan pengobatan atau masih sebatas mengalami gejala menghindari beberapa makanan tersebut sangat perlu di lakukan.

Minuman beralkohol. 

Sudah sangat jelas bahwa minuman beralkohol sebaiknya dijauhi dan dibatasi konsumsinya sebesar mungkin. Meminum alkohol akan merusak kesehatan dan sistem saraf segala organ tubuh.

Maka bila ingin tubuh senantiasa sehat dan bugar, menghindari alkohol adalah keputusan terbaik. Penurunan jumlah oksigen dapat menurun karena aktivitas bawah sadar yang dirangsang oleh alkohol.

Minuman ringan. 

Jenis soft drink apapun tidaklah baik untuk kesehatan karena sifat karsinogen di dalam setiap soft drink terbilang cukup tinggi.

Meski memang rasanya enak dan banyak digemari, tetap jangan lupa untuk mengetahui bahaya kandungannya. Lebih dari itu, minuman ringan dingin atau yang menggunakan es akan membuat peredaran darah kurang lancar.

Sayuran tertentu. 

Tak semua sayuran itu bagus untuk kesehatan tubuh, dan khusus bagi yang menderita prostat, ada sejumlah jenis sayuran yang perlu untuk dijauhi.

Tauge, kangkung, dan sawi putih merupakan jenis-jenis sayur tertentu tersebut yang sebaiknya tidak dikonsumsi lagi apabila tengah mengonsumsi obat prostat.

Kangkung dan sawi putih diketahui dapat membuat efektivitas obat tersebut menjadi berkurang, sementara di dalam tauge ada senyawa yang mampu mendorong perkembangan sel-sel kanker.

Buah tertentu. 

Buah memang kaya serat, vitamin dan juga mineral, namun tak selalu buah itu bagus untuk seluruh kondisi kesehatan.

Bagi penderita kanker prostat, buah semacam anggur, duku, nanas, nangka, durian dan kelengkeng wajib dihindari sama sekali.

Jangan berkompromi dengan buah-buah tersebut karena alkohol di dalamnya berkadar sangat tinggi ketika sudah dalam keadaan matang sekali.

Aktivitas sel kanker akan dengan mudah berkembang karena terkena stimulasi atau rangsangan dari efek alkohol tersebut.

Makanan laut tertentu. 

Tak semua jenis seafood boleh dimakan juga oleh penderita gangguan prostat, karena beberapa malah akan meningkatkan risiko kanker prostat lebih buruk. Contoh makanan laut yang tidak diperbolehkan antara lain adalah cumi, kepiting, kerang dan juga udang.

Cumi sendiri merupakan makanan laut yang kaya akan lemak tinggi sehingga tak akan bagus untuk yang terkena gangguan prostat dipicu oleh obesitas dan makanan berlemak.

Makanan lemak tinggi juga memang pada dasarnya perlu untuk dihindari penderita kanker karena sel kanker mampu dirangsang untuk berkembang cepat.

Daging dan ikan asin. 

Pertumbuhan sel abnormal yang muncul di jaringan tubuh atau yang kita sebut dengan tumor justru dapat difasilitasi oleh daging sejenis daging babi, kambing, sapi dan juga kerbau.

Hati-hati untuk para penikmat ikan asin sebab ikan jenis ini sudah melalui pengolahan dengan menggunakan bahan-bahan tak segar yang mengurai dan menjadi bahan alergen.

Reaksi imun tubuh pun keluar sehingga tak bagus untuk para penderita kanker karena akan timbul rasa nyeri pada area tubuh yang terserang kanker.

Makanan dengan pengawet.

Segala macam makanan kemasan adalah yang biasanya dibuat dengan menggunakan bahan pengawet.

Maka selama terjadi gangguan prostat, jauhi makanan-makanan berbahan pengawet supaya cepat pulih dan sembuh. Alasannya adalah karena ada senyawa kimia berbahaya di dalam setiap makanan yang diawetkan dan mampu berubah menjadi karsinogen.

Makanan yang dibakar.

Segala makanan yang dibakar memang nikmat dan menggoyang setiap lidah kita, baik itu ayam bakar atau ikan bakar.

Namun perlu diketahui bahwa proses pembakaran pada makanan akan membuat beberapa sisinya menjadi gosong. Biasanya yang agak-agak gosong cukup dinikmati, tapi malah bagian tersebut yang berbahaya karena ada zat karsinogen di dalamnya.

Daging unggas.

Para penderita gangguan prostat atau yang sudah mengalami gejala-gejalanya diharapkan untuk menjauhi daging unggas.

Para peternak rata-rata bakal menggunakan obat-obatan kimia yang tujuannya adalah sebagai pemacu pertumbuhan ternak unggas mereka.

Bahkan hormon dalam bentuk suntikan pun juga diberikan ke tubuh hewan ternak tersebut dengan tujuan supaya ada peningkatan bobot secara cepat.

Pemberian hormon ini ada miropnya dengan hormon anabolic yang ditemukan pada manusia dan diduga mampu menjadi penyebab kanker kelenjar dan kanker prostat.

sumber : www.halosehat.com

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari bagi penderita prostat ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda, ingat memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi merupakan hal penting untuk dilakukan agar penyakit prostat yang anda derita tidak semakin parah dan pengobatan yang dilakukan bisa berjalan maksimal.

Terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa dishare !


EmoticonEmoticon