Rabu, 26 April 2017

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Sinusitis

Jika saat ini ada sedang menderita sinusitis maka inilah makanan yang harus dihindari atau pantangan makanan bagi penderita sinusitis agar penyakit sinusitis yang anda derita tidak semakin parah.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat dari adanya peradangan pada bagian sinus parasanal yakni rongga yang berada diantara pipi atas kiri kanan da dahi.

Penyebab dari peradangan tersebut adalah kuman, bakteri, virus, jamur hingga cairan yang menumpuk sehingga menimbulkan infeksi.

Berikut ini adalah beberapa gejala sinusitis yang biasa timbul atau dialami oleh seseorang yang terkena penyakit sinusitis, yakni :
  • Sakit kepala
  • Demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih
  • Hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan
  • Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
  • Kehilangan indera penciuman
  • Napas berbau (halitosis)
Yang perlu duperhatakan dan anda ketahui adalah penyakit sinusitis yang tidak ditangai dengan serius bisa menimbulkan berbagai komplikasi seperti :
  • Jika infeksi menyebar ke dinding otak, bisa menyebabkan meningitis.
  • Kerusakan indera penciuman sebagian atau seluruhnya.
  • Masalah dalam penglihatan. Penglihatan berkurang atau bahkan buta.
  • Memicu munculnya infeksi kulit atau tulang.
Untuk itu sangat penting bagi anda melakukan penhobatan dan penanganan yang serius jika saat ini anda mengalami beberpa gejala penyakit sinusitis yang kami sebutkan diatas.

Salah satu upaya pengobatan sinusitis selain mengunjungi dokter atau mengkonsumsi obat sinusitis yang diresepkan oleh dokter maka sangat penting juga bagi anda menjaga pola makan.

Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan yang seharunys dihindari penderita sinusitis. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari penderita sinusitis.

 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Sinusitis


Inilah beberapa makanan yang harus dihindari jika saat ini anda sedang menderita penyakit sinusitis agar pengobatan yang sedang anda jalani berjalan maksimal serta penyakit sinusitis yang anda derita tidak semakin parah.

#1 Hindari Makanan Berminyak Atau Gorengan

Jangan sesekali anda mengkonsumsi makanan yang berminyak atau yang digoreng, karena makanan tersebut bisa membuat peradangan yang terjadi pada sinusitis semakin parah.

Mengingat saluran hidung dan tenggorokan masih menjadi satu kesatuan yang saling terhubung.

#2 Hindari Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Dingin

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin bisa menambah efek parah pada peradangan serta memicu timbulnya rasa nyeri di kepaa serta bagian tulang pipi, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan penumpukan lendir di rongga hidung.

contoh makanan dan minuman dingin : eskirm dan softdrink

#3 Hindari Minuman Beralkohol Dan Bersoda

Jika saat ini anda sedang menderita sinusitis maka sebaiknya kurangi konsumsi minumam beralkohol dan bersoda selain tidak baik untuk kesehata makanan ini juga malah dapat memperburuk gejala sinusitis yang anda derita.

Selain itu mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi, padahal bagi penderita sinusitis cairan sangat diperlukan untun mengeluarkan lendir.


#4 Makanan Pedas

Hindari makanan pedas seperti capai karena jika dikonsumsi dapat memperburuk peradanga dan infeksi yang terjadi pada rongga sinus.

#5 Rempah Rempah

Untuk sementara waktu jika anda sedang menderita penyakit sinusitis maka disarakan untuk tidak mengkonsumsi makanan berbahan rempah-rempah utamanya yang memiliki bau menyengat.

#6 Hindari Susu

Susu memang dikenal sangat baik untuk kesehatan namun jika saat ini anda sedang menderita penyakit sinusitis sebaiknya anda mengindarinya terutama produk olahan susu seperti yogurt, mentega dan keju.

Jika susu dikonsumsi oleh penderits sinusitis bisa menyebabkan penebalan dahak dan membuat sipenderita menjadi tidak nyaman.

#7 Hindari Mnuman Berkafein

Selain minuman alkohol dan soda, bagi penderita sinusitis anda juga wajib menghindari minuman mengandung kafein karena minuman yang mengandung kafein bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi serta lendir mengental.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita sinusitis guna mencegah penyakit yang diderita semakin parah.

Selain itu anda juga wajib menghindari beberapa jenis makanan lainnya seperti : makanan dan minuman yang bisa memicu alergi, makana fementasi, jus buah yang mengandung bahan pengawet dan merokok.

Jangan lupa dishare jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat !


EmoticonEmoticon