Senin, 29 Mei 2017

Pantangan Makanan Setelah Operasi Miom

Inilah beberapa pantangan makanan setelah operasi miom yang sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi sehingga proses penyembuhan setelah operasi miom yang anda jalani bisa berjalan lancar dan maksimal.

Selain membantu proses penyembuhan pasca operasi, menghindari beberapa pantangan makanan bagi penderita miom juga bertujuan agar penyakit miom tidak tumbuh lagi.

Lalu apa saja makanan tersebut berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Pantangan Makanan Setelah Operasi Miom

 

Pantangan Makanan Setelah Operasi Miom

Operasi menjadi salah satu jalan terakhir yang biasa dilakukan oleh dokter guna mengobati penyakit miom, jika pemberian obat miom tidak membuahkan hasil.

Walaupun operasi miom sendiri bisa menimbulkan berbagai efek samping namun mau tidak hal tersebut mesti dilakukan jika ukuran miom terus membesar.

Berbicara mengenai operasi miom ada 3 prosedur operasi yang biasa dilakukan oleh dokter untuk mengatasi penyakit miom, yakni :

1). Operasi Hidteroskopi

Operasi hidteroskopi dilakukan dengan cara mengangkat miom melalui vagina menggunakan peralatan operasi kecil, sehingga tidak diperlukan penyayatan.

Operasi ini sangat cocok dilakukan pada wanita yang masih ingin mempunyai anak di kemudian hari serta ukuran miom masih kecil.

2). Operasi Miomektomi

Operasi jenis dilakukan apabila miom tumbuh di dinding rahim serta wanita yang menjalaninya masih ingn mempunyai anak dikemudian hari.

Namun besar ukuran dan jumlah miom yang ada di rahim ini ikuti menjadi penentu bisa dan tidaknya operasi ini dilakukan. Sehingga prosedur ini tidak bisa dilakukan atau diterapkan pada segala jenis miom.

Operasi ini cukup efektif dalam mengatasi penyakit miom, namun ada kemungkinan miom tumbuh lagi pasca melakukan operasi ini.

3). Operasi Histeroskopi

Operasi histeroskopi tergolong metode baru dalam mengatasi penyakit miom, operasi ini dilakukan dengan cara memasukan histeroskop dan alat bernama morcellatir kedalam rahim melalui serviks guna memotong dan membuang miom.

Keuntungan operasi ini apabila dibandinkan dengan jenis operasi lainnya adalah bisa meminimalisir resiko cedera pada rahim.

Namun biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi ini tidak murah mengingat masih termasuk kedalam ketegori baru.

Nah apapun jenis operasi yang anda pilih dan lakukan dalam mengobati penyakit miom, hal yang paling penting dilakukan pada masa penyembuhan pasca operasi adalah memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Jangan sampai makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi malah dikonsumsi akibat dari anda tidak mengetahunya.

Adapun beberapa pantangan makanan setelah operasi miom adalah sebagai berikut :

Pada dasarnya tidak ada makanan yang spesifik ditunjukan pasca operasi miom, namun sebagai langkah antisipasi agar penyakit miom yang diderita tidak tumbuh lagi pasca operasi, maka ada beberapa makanan yang sebaik dihindari pasca operasi, yakni :

  • Daging merah
  • Makanan mengandung lemak jenuh seperti : mentega, susu full cream dan gorengan
  • Makanan kadaluarsa
  • Alkohol, soft drink, gula dan garam berlebihan
  • Pemanis buatan
  • Makanan berpengawet seperti makanan kaleng
  • Makanan yang dipanaskan dalam suhu tinggi

Selain menghindari beberapa makanan diatas, guna membantu mempercepat proses penyembuhan pasca operasi maka sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini, yakni :

  • Jangan mengangkat beban yang terlalu berat terlebih dahulu
  • Jangan mengedan berlebihan
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Perbanyak konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein misalnya seperti telur, daging, ikan, tempe, dll
  • Minum cukup air putih agar tidak terjadi dehidrasi/ kekurangan cairan
  • Istirahat cukup
  • Kontrol luka secara teratur ke dokter
Demikianlah informasi singkat tentang pantangan makanan setelah operasi miom ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

Sumber : http://www.pusatgreenworld.web.id/makanan-dilarang-setelah-operasi-miom/

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon